Putri Spanyol Jadi Tersangka Kasus Korupsi

@IRNewscom | Madrid : PUTRI Cristina dari Kerajaan Spanyol resmi ditetapkan sebagai tersangka pada Rabu (03/04) kemarin dalam kasus korupsi yang melibatkan suaminya.

Seperti dilansir dari kantor berita Xinhua, Rabu (03/04), Hakim meyakini, Noos Institute menggunakan nama dan posisi Cristina dengan persetujuan putri kerajaan tersebut, untuk memenangkan kontrak. Meskipun Urdangarin telah bersikeras bahwa istrinya tidak tahu apa-apa mengenai Noos Institute.

Hakim yang menangani kasus, Jose Castro, sebelumnya telah memerintahkan, Cristina, putri bungsu dari Raja Juan Carlos, untuk bersaksi di pengadilan pada 27 April 2013. Kesaksian tersebut diperlukan sebagai bagian dari investigasi yang sedang berlangsung dalam tuduhan korupsi terhadap suaminya, Inaki Urdangarin dan mantan rekannya Diego Torres yang bekerja di Noos Institute.

Noos Institute yang dibentuk sebagai organisasi non-profit, diduga telah menipu lebih dari 6 juta euro (Rp75 miliar) uang publik, beberapa diantaranya bahkan telah dibayarkan untuk proyek-proyek yang tidak pernah selesai.

Keluarga kerajaan menolak untuk mengomentari keputusan pengadilan tersebut. Berita ini kembali menorehkan citra negatif bagi keluarga kerajaan Spanyol. Sebelumnya Raja Juan Carlos telah difitnah telah melakukan perjalanan mewah ke Botswana pada tahun lalu, disaat negaranya menderita krisis ekonomi yang serius. [amb]

Leave a comment